1. Sebuah media online, dan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi yang meliputi blog, website, wiki, forum dan dunia virtual disebut...
a. Aplikasi messenger.
b. Jejaring sosial.
c. Media sosial.
d. Virtual marketing.
e. Viral merketing.
Jawab : C. Media sosial.
2. Sebuah web berbaris pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut disebut...
a. Aplikasi messenger.
b. Jejaring sosial.
c. Media sosial.
d. Virtual marketing.
e. Viral marketing.
Jawab : B. Jejaring sosial
3. Berikut ini adalah beberapa contoh jejaring sosial, kecuali...
a. Fecebook.
b. Twitter
c. My space
d. Kompasiana
e. Ketiker.
Jawab : E. Ketiker.
4. Berikut ini adalah beberapa contoh media sosial, kecuali...
a. Kompas.com
b. Republika.ac.id
c. Wikipedia
d. Ganadarma.ac.id
e. Friendster
Jawab : E. Friendster.
5. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi mesenger, kecuali...
a. Black berry messenger.
b. Whatsapp.
c. Wechat.
d. Kakao talk.
e. Frend book.
Jawab : E. Frend book.
6. Berikut ini macam macam cara memasarkan melalui media sosial dan jejaring sosial, kecuali...
a. Memperbanyak teman.
b. Membuat koriten yang unik.
c. Menentukan sasaran pasar.
d. Memasang iklan.
e. Membuat daftar pengunjung.
Jawab : C. Menentukan sasaran pasar.
7. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan video marketing dalam pemasaran online, kecuali...
a. Lebih dikenal oleh orang banyak.
b. Untuk membangun sebuah relasi bisnis.
c. Sebagai media publikasi bisnis.
d. Sebagai sarana edukasi dan informasi.
e. Dapat membangun trending topik.
Jawab : E. Dapat membangun trending topik
8. Pemasaran dari mulut ke mulut dimana pelanggan mempromosikan sebuah produk atau jasa dengan cara menceritakan kepada orang lain adalah definisi viral marketing menurut...
a. Lucas.
b. Kotler.
c. Turban.
d. Arifin.
e. Wiranegara.
Jawab : C. Turban.
9. Berikut ini adalah faktor yang harus dilakukan jika menggunakan viral marketing, kecuali...
a. Mekanisme penyebaran berupa email, link, website, atau dari mulut ke mulut.
b. Harus ada yang menyediakan insentif yang menarik untuk orang yang membawakan pesan.
c. Pesan harus disebarkan semudah mungkin.
d. Sediakan ruang untuk penyebaran pesan.
e. Mengurangi jumlah produk atau layanan.
Jawab : E. Mengurangi jumlah produk atau layanan.
10. Berikut ini yang termasuk kelemahan viral marketing adalah...
a. Penyebaran informasi yang cepat melalui sarana internet.
b. Biaya yang dikeluarkan rendah.
c. Memiliki korelasi dengan merk terkenal.
d. Dapat diukur.
e. Ketergantungan kepada triggers.
Jawab : E. Ketergantungan kepada triggers.
B. Soal Uraian
1. Apa yang dimaksud media sosial ?
Jawab : Sosial media merupakan sebuah media online yang para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan membuat suatu karya tulis, yang meliputiu blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.
2. Apa yang dimaksud jejaring sosial ?
Jawab : Jejaring sosial merupakan subuah website berbaris pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil,melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut.
3. Jelaskan perbedaan media sosial dan jejaring sosial !
Jawab : 1. Dari segi konten : Media sosial berisi konten informasi, sedangkan jejaring sosial berisi konten informasi.
2. Dari segi fungsi : Media sosial memberikan informasi berupa artikel, berita, sedangkan jejaring sosial memberikan informasi komunikasi sosial media maya dan hiburan.
3. Dari segi fitur : Media sosial dibuat untuk link informasi, berita, artiklel, sedangkan jejaring sosial dibuat untuk interaksi antarkomunitas sosial media.
4. Dari segi pengguna : Media sosial untuk semua kalangan, sedangkan jejaring sosial untuk doninan kalangan remaja.
4. Sebutkan 5 contoh media sosial ?
4. Sebutkan 5 contoh media sosial ?
Jawab : 1. Facebook
Jejaring sosial ini memiliki 1 miliar pengguna. Terbesar di jagad
raya ini untuk urusan pengguna. Facebook bukan hanya jejaring sosial,
Mark Zuckerberg menyuntikan beberapa platform lain di situs ini. untuk
mengunjunginya www.facebook.com
2. Twitter
Microblogging ini memiliki setengah miliar pengguna atau hampir
setengah pengguna Facebook. Didirikan tahun 2006, Twitter cepan mendapat
hati di kalangan netizen khususnya pengguna mobile. www.twitter.com
3. Google+
Google pun tergiur ikut terjun di jejaring sosial. Kini media sosial
ini memiliki 400 juta pengguna. Google+ terkenal dengan fitur
Hangout-nya.plus.google.com
4.LinkedIn
Jejaring sosial ini dikenal sebagai jejaring sosial pekerja profesional.
Menghubungkan antar profesional maupun dengan brand atau perusahaan.
Kini miliki 175 juta pengguna. linkedin.com
5. Instagram
Jejaring sosial ini memiliki harga fantastis, 1 miliar dolar. Tak
hanya sebuah jejaring sosial,Instagram juga sebagai aplikasi pengolah
gambar. Saat ini miliki 100 juta pengguna.instagram.com
5. Sebutkan 5 contoh jejaring sosial ?
Jawab : 1.Kaskus Tidak ada orang yang tidak mengenal kaskus. Situs sosial media dengan
6,5 juta pengguna ini benar-benar sosial media asli berasal dari
Indonesia. Kaskus merupakan situs jejaring sosial berbasis forum yang
paling populer di Indonesia. Namun kaskus tidak hanya digunakan untuk
bersosialisasi saja, bagi orang-orang yang melakukan transaksi jual beli
juga bisa menggunakan kaskus. Kaskus menyediakan fitur fjb (forum jual
beli) yang bisa dimanfaatkan oleh orang untuk melakukan jual beli
barang. Bahkan saking popularnya jejaring sosial ini, banyak dari Anda pasti
pernah mendengar yang kata-kata seperti "agan" atau "pertamax". Nah yang
membesarkan kedua kata ini sendiri adalah komunitas besar kaskus.
2. Tumblr Tumbler merupakan sosial media yang memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk meshare artikel, gambar, hingga video apapun yang Anda inginkan layaknya sebuah blog. Dengan menghubungkan tumblr dengan sosial media besar lain seperti facebook dan twitter, maka apa yang kalian posting di tumblr bisa juga muncul di facebook dan twitter secara otomatis. Tumblr juga memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk memodifikasi tampilan tumblr mereka sesuai yang mereka inginkan.
3. Youtube Social media berupa video sharing ini sangat populer di Indonesia, berkat youtubelah banyak orang Indonesia yang bisa terkenal secara mendadak. Sebut saja Sinta- Jojo, Briptu Norman dan Udin Sedunia menjadi terkenal berkat sosial media ini. Sebagai sosial media populer di Indonesia dengan pengguna sebanyak 66% dari jumlah penduduk di Indonesia, youtube tidak hanya digunakan untuk mengshare video saja, namun youtube juga terkadang menyediakan live streaming dari suatu acara penghargaan.
4. BBM Semenjak kemunculannya pertama kali di Indonesia, aplikasi sosial media ini langsung menarik hati banyak orang. Aplikasi yang pada awalnya hanya tersedia di platform blackberry ini langsung membuat banyak orang berpindah menggunakan mobile phone blackberry. Biarpun dibilang langkah besarnya dalam membuka aplikasinya untuk pengguna ios, android dan windows phone dianggap sebagai kerugian besar, namun sebanyak 8 juta orang masih menggunakan aplikasi BBM ini..
5. WhatsApp WhatsApp merupakan aplikasi sosial media yang terkoneksi langsung dengan nomor mobile phone yang digunakan. Aplikasi chat gratis ini memiliki fitur yang sangat simple, selain juga dapat digunakan untuk berkirim pesan, sekarang WhatsApp juga mampu mengirim voice record dan juga menelepon. Tampilannya yang simple membuat aplikasi ini menjadi favorit orang-orang karena tidak membebani memori handphone. Diketahui pengguna WhatsApp di Indonesia mencapai angka 34 juta pengguna.
6. Apa kelebihan viral marketing ?
Jawab : Kelebihan utama viral marketing :
- Internet telah menyatukan jutaan orang didunia cukup hanya dengan menekan tombol.
- Cepatnya penyebaran informasi melalui internet tidak bisa dibandingkan dengan sarana informasi lainnya. Pengaruh eksponen internet sangat unik. Hanya dalam hitungan detik,sebuah pesan bisa dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia.
- Kekuatan viral marketing membuat biaya yang dikeluarkan untuk menyebarkan informasi itu sangat kecil. Misalnya Hotmail yang hanya mengandalkan modal sebesar $500.000 bisa menarik lebih dari 10 juta pengguna alamat hotmail dalam satu tahun. Setiap pengguna hanya menyisihkan uang dibawah 5 sen.
- Viral marketing mempunyai korelasi dengan merk yang sudah terkenal, penggunaan website dan kesetian pelanggan. Hal ini disebabkan oleh proses referal yang terdapat pada hubungan yang berlandaskan atas rasa percaya.
- Viral marketing memberikan kredibilitas instan pada perusahaan atau produk dan pengguna jasa marketing yang paling ramah melalui pengiriman pesan.
- Viral marketing bisa diukur, menawarkan kesempatan pada marketer untuk melacak dan menganalisa keefektifan kampanye yang sudah dilakukan.
7. Jelaskan kelemahan viral marketing !
Jawab : Kelemahan viral marketing:- Ketergantungan pada triggers (pemicu utama viral marketing yang dapat terdiri dari berbagai media). Tanpa pemicu yang mampu menarik minat konsumen, pesan yang disebarkan tidak akan melalui proses replikasi dan akan mati.
- Sangat susah untuk dikontrol, dengan proses replikasi yang cepat dan penyebaran yang luas, menyebabkan perusahaan atau ahli pemasaran kehilangan kontrol akan isi pesan yang disampaikan.
8. Jelaskan pengertian viral marketing menurut Kotler dan Amstrong ?
Jawab : Viral Marketing menurut Armstrong dan Kotler (2004:90) Viral Marketing adalah:
Viral
marketing is the Internet version of word-of-mouth marketing, that
involves creating an E-Mail message or other marketing event that is so
infectious that customers will want to pass it along to their friend.
kurang lebih dapat diartikan sebagai versi internet dari penggunaan
pemasaran dari mulut ke mulut, yang sangat berhubungan dengan
menciptakan E-Mail atau acara pemasaran yang sangat menular sehingga
pelanggan mau menyampaikannya kepada teman mereka.
9. Jelaskan macam macam cara memasarkan barang melalui media sosial dan jejaring sosial !
Jawab :
1. Dengan cara memperbanyak teman. Hal yang paling utama dalam pemasaran produk melalui media sosial, jejaring sosial adalah dengan cara memperbanyak teman atau relasi dengan cara membuat fans page dan layanan membership agar terkoneksi dengan pengguna lain yang tidak terbatas jumlhnya.
2. Dengan cara membuat konten yang unik. Buatlah konten yang unik dan menrik pada saat melakukan promosi dan tidak meniru cara promosi orang lain.
3. Dengan cara menentukan sasaran pasar. Bangunlah komunikasi khusus secara personal dengan para calon klien, sehingga dapat menentukan siapa saja target promosinya.
4. Dengan cara memasang iklan. Untuk membantu pemasaran di sosial media, kita bisa menggunaka layanan pasang iklan.
5. Dengn cara melakukan analisis. Buatlah pembukaan untuk menganalisa perkembangan promosi yang kita buat.
10. Apa saja manfaat menggunakan video marketing ?
Jawab :
1. Bisnis online yang dijalankan dapat dengan mudah dikenal oleh masyarakat.
2. Bisa membangun relasi melalui video.
3. Bisa memanfatkan SEO melalui video marketing.
4. Video merupakan media publikasi bisnis.
5. Bisa menggunakan video sebagai sarana edukasi dan informasi bisnis dan bisa dipakai untuk menyampaikan opini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar